- Window DisplayWindow Display, yaitu memanjangkan barang - barang, gambar - gambar, kartu harga, simbol - simbol, dan sebagainya di bagian depan toko, yang disebut etalase. Dengan demikian, calon konsumen yang lewat di depan toko diharapkan akan tertarik dengan barang - barang tersebut dan ingin masuk ke dalam toko. Window display ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu:- Untuk menarik perhatian konsumen yang lewat.
- Menyatakan kualitas yang baik atau harga yang murah sebagai ciri khas dari toko tersebut.
- Memancing perhatian terhadap barang - barang istimewa yang dijual di toko.
- Untuk menimbulkan impluse buying (dorongan seketika)
- Agar menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko. - Interior DisplayInterior Display, yaitu memanjangkan barang - barang, gamar - gambar, kartu harga, dan
Interior Display poster di dalam toko. pemajangan ini dapat dilakukan antara lain di lantai, meja, dan rak - rak. Interior display ini ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
a.Open Display
Open Display, yaitu barang -barng dipajangkan pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat dan diteliti oleh calon pembeli tanpa bantuan petugas pelayanan, misalytnya self display, islan display (barang - barnag diletakkan di atas lantai dan ditata dengan baik sehingga menyerupai pulau - pulau), dan sebagainya.Open Display
Closed Display, yaitu barang dipajangkan dalam susana tertutup. Barang - barang tersebut tidak dihampiri dan dipegang atau diteliti oleh calon pembeli, kecuali atas bantuan petugas pelayanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi barang dari kerusakan, pencurian, dan sebagainya.Closed Display
c. Architectrual Display
Architectrual Display, yaitu memperlihatkan barang - barang dalam penggunaanya, misalnya di ruang tamu, di kamar tidur, di dapur, dengan perlengkapanya. Cara ini dapat memperbesar daya tarik karena barang - barang dipertunjukan secara realistis.Architectrual Display - Exterior Display
Exterior Display, yaitu penataan yang dolaksanakn dengan memajangkan barang - baramng di luar toko, misalnya pada waktu mengadakan obral dan pasar malam. Display ini mempunyai beberapa fungsi, antara lain:Exterior Display
b. membantu para produsen menyalurkan barang - barangnya dengan cepat dan ekonomis,
c. membantu mengkoordinasikan advertising dan merchandising,
d. menyebabkan adanya kontinuitas skema dan tema warna dari pembungkus, dan
e. membangun hubangan baik dengan masyarakat, misalnya pada hari raya, ulang tahun, dan lain sebagainya.
Window Display |
Selain ketiga macam display yang telah saya uraikan di atas, perlu diperhatikan beberapa hal dalam display, yaitu sebagai berikut.
- Store design dan decoration
Store design dan decoration, yaitu tanda - tanda yang berupa di antaranta simbol - simbol. lambang - lambang, poster - poster, gambar - gambar, bendera - bendera. Tanda - tanda ini diletakan di atas meja atau di gantung di dalam toko. Store design tersebut digunakan untuk membimbing calon pembeli ke ara barang dagangan dan memberi keterangan kepada mereka tentang penggunaan barang - barang tersebut. "Decoration" pada umumnya digunakan dalam rangka peristiwa khusus, seperti penjualan pada saat - saat hari raya, natal, dan tahun baru. - Dealer display
Dealer display, yaitu penataan yang dilaksanakan dengan cara wholesaler yang teridiri atas simbol - simbol dan petunjuk - petunjuk tentang penggunaan produk. Dengan memperlihatkan kegunaan produk dalam gambar, dan petunjuk, maka display ini juga memberi peringatan kepada para petugas agar mereka tidak memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan petunjuk yang ada dalam gambar tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar